Bagian-bagian Dari Dishwasher Restoran Yang Perlu Diketahui

July 9, 2018 0 By admin

Dishwasher di dapur restoran menjadi sebuah alat yang sangat dibutuhkan karena kegunaannya yang sangat membantu. Disebut juga sebagai mesin cuci piring yang dapat mencuci lebih dari satu piring dengan cara yang singkat dan praktis digunakan. Tidak heran, banyak restoran yang memiliki banyak pengunjung memutuskan untuk menggunakan mesin cuci piring praktis ini. Cucian piring kotor yang menumpuk bisa bersih dengan ringkas tanpa harus membersihkannya satu per satu. Klasifikasi mesin pencuci piring ini pun beragam mulai dari yang mid end hingga high end dishwashers

Mesin cuci piring yang berbentuk kubus ini sering juga dikenal sebagai kotak ajaib karena dapat menyelamatkan pekerja-pekerja restoran dari setumpuk cucian piring kotor di dapur restoran. Mesin praktis dan menghemat waktu ini memiliki bagian-bagian penting yang harus Anda ketahui fungsinya agar bisa menggunakannya dengan tepat. Berikut ini pembahasan mengenai bagian dari mesin pencuci piring.

Bagian Seal di Mesin

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu seal, seal merupakan bagian di dalam mesin cuci piring yang memiliki fungsi sebagai penutup dari mesin cuci piring agar air tidak merembes keluar dari mesin. Seal yang bisa Anda lihat terdapat di bagian penutup mesin cuci piring. Jangan sampai seal dalam kondisi tidak baik karena dapat mengakibatkan penutup dari mesin cuci piring tidak dapat menutup dengan rapat dan kuat.

Bila penutup cuci piring tidak bisa menutup dengan rapat maka, air dan busa sabun di dalam mesin ketika sedang bekerja akan memenuhi seluruh mesin serta merembes keluar dari mesin. Itu sebabnya, Anda harus mengecek setiap minggunya keadaan seal pada mesin. Terlebih lagi apabila mesin pencuci piring selalu dipakai setiap harinya untuk membersihkan semua kotoran piring milik restoran. Mesin pastinya akan bekerja berlebihan dibanding penggunaan mesin pencuci piring di rumah.

Bagian Saluran Air di Mesin

Saluran air merupakan bagian terpenting lainnya di dalam mesin pencuci piring. Bagian ini adalah sebuah saluran yang mampu mengalirkan air untuk membilas piring dari sabun cuci. Selain itu, saluran air menjadi saluran satunya-satunya untuk mengambil air dari kran dan juga membuang air kotor dari mesin. Saluran ini sangat penting dan jangan sampai tersumbat oleh kotoran apapun. Jika terjadi penyumbatan maka, mesin cuci piring tidak dapat bekerja dengan efisien.

Oleh karenanya, saluran air di mesin pencuci piring harus dibersihkan secara rutin agar terhindar dari penyumbatan. Bersihkan pada bagian bawah mesin terutama di tempat pembuangannya. Lubang-lubang propeler juga harus Anda perhatikan dan bersihkan di setiap bagiannya. Jika lubang propeler mengalami penyumbatan dan tidak dapat berputar dengan lancar maka, dapat dipastikan kualitas pencucian tidak baik. Mesin pencuci piring Anda akan mengalami kerusakan parah. Anda bersihkan secara rutin mesin dishwasher.